BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Penerapan teknologi Internet dapat memberikan suatu
nilai tambah bagi sebuah perusahaan. Ini dapat dilihat dari adanya penawaran
informasi secara online, kemudahan melakukan komunikasi dan pertukaran informasi
melalui media elektronik, serta transaksi secara online. Hal ini berlaku juga
bagi perusahaan perbankan.
Teknologi Internet dapat menjadi nilai tambah tersendiri,
karena membuat komunikasi intra/inter perusahaan perbankan menjadi lebih
efisien. Intranet pada perusahaan perbankan digunakan untuk menghubungkan
bagian-bagian tertentu yang ada di dalam perusahaan perbankan tersebut.
Karyawan dapat menyalurkan dan mengkomunikasikan
ide-ide mereka dengan lebih jelas dan mendorong mereka untuk lebih terlibat
dalam proses pengambil keputusan. Dengan kata lain, komunikasi yang efektif itu
dibutuhkan saat membangun dan menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen,
yang dalam hal ini adalah nasabah. Oleh karena itu, perusahaan perbankan juga
menawarkan aftersales service, salah satu contohnya adalah dengan melalui
website mereka.
Perusahaan perbankan memakai jaringan ekstranet
untuk menghubungkan mereka dengan pihak lain, baik dengan sesame karyawan
perusahaan perbankan tersebut yang berada di kantor cabang yang berbeda, maupun
dengan pihak perusahaan lain, sebagai contoh untuk membayar tagihan listrik dan
air secaralangsung pada perusahaan listrik dan air tersebut.
- Identifikasi Masalah
Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan
kegaiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang
lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan.
Online adalah Terhubung, terkoneksi. Aktif dan siap untuk operasi; dapat berkomunikasi dengan
atau dikontrol oleh komputer. Online ini
juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan di mana sebuah device (komputer)
terhubung dengan device lain, biasanya melalu modem.
- Pembatasan Masalah
Berikut adalah batasan-batasan dalam pengerjaan makalah
pengantar bisnis :
1.
Perusahaan yang digunakan pada penelitian
ini adalah CV.Cibaduyut Online.
2.
Penerapan teknologi internet yang digunakan pada makalah pengantar bisnis ini
adalah teknologi Internet yang
berhubungan dengan e-Bisnis.
D. Rumusan Masalah
Permasalahan yang diangkat pada makalah pengantar
bisnis ini adalah :
- Apa yang dimaksud dengan e-Bisnis ?
- Apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis online ?
- Bagaimana revolusi e-Bisnis di Indonesia ?
4.
Contoh bisnis yang
menerapkan sistem online di Indonesia
E.Tujuan Penelitian
Dari
uraian rumusan masalah di atas tujuan pembuatan tugas akhir ini dapat dirangkum
sebagai berikut:
1.
Mengetahui apakah penerapan teknologi Internet berpengaruh pada dunia bisnis.
2.
Mengetahui sejauh mana penggunaan bisnis online di Indonesia.
3.
Mengetahui sejauhmana keuntungan bisnis online dibandingkan dengan bisnis
offline.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian E-Bisnis
Pada prinsipnya, e-Business kerap didefinisikan
sebagai “aktivitas yang berkaitan
secara
langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa
dengan
memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi”.
Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi
(teknologi informasi) yang sangat pesat dewasa ini telah mengakibatkan
terjadinya revolusi di dunia perdagangan dan industri. Jika dahulu transaksi
bisnis yang harus dilakukan secara tatap muka (face-toface), melibatkan sejumlah
fasilitas dan sumber daya fisik (office and paper), dan mempertukarkan barang
dan jasa terkait dengan uang kertas atau receh; maka pada saat ini transaksi
serupa dapat dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja secara fleksibel (tanpa
harus bertemu muka), dilakukan dengan menggunakan peralatan elektronik (komputer,
personal digital assistant, dsb.) dan internet, dimana proses pembayaran dilakukan
melalui mekanisme transfer informasi keuangan (credit card, digital
money,dsb.).
Para praktisi bisnis harus melihat fenomena ini
sebagai suatu tawaran kesempatan untuk dapat meningkatkan kinerja bisnis dari
berbagai segi secara signifikan, karena
banyak
sekali hal yang dapat dilakukan seperti: memperbaiki efisiensi, efektivitas, transformasi
industri, dan lain sebagainya. Intinya adalah, jika praktisi bisnis melihat adanya
sumber daya fisik atau proses bisnis yang saat ini dapat didigitaliasikan, maka
disitulah kesempatan konsep e-Business dapat diimplementasikan. Syarat utama
yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan yang ingin mengimplementasikan
konsep e-Bussiness adalah bahwa manajemen perusahaan benar benar memahami filosofi
dasar dari konsep e-Business (bukan sekedar ikut-ikutan atau
latah
belaka). Setelah itu, barulah dua hal penting yang harus dimiliki,
masing-masing adalah: kemauan dan kemampuan. “Kemauan” artinya adanya
keinginan, inisiatif, komitmen, dan dukungan dari segenap pimpinan dan
manajemen perusahaan untuk mengimplementasikan konsep e-Business di institusi
yang dikelolanya. Mengapa aspek “kemauan” tersebut diperlukan karena sering
kali inisiatif penerapan prinsip e-Business memerlukan paradigma dan pandangan baru
terhadap bagaimana cara-cara mengelola bisnis (misalnya: prosedur kerja
berbasis proses yang sifatnya lintas fungsi) dari segenap sumber daya manusia
perusahaan. Bahkan tidak jarang ditemukan proyek penerapan eBusiness yang
dilakukan secara simultan dengan program manajemen perubahan (change management).
“Kemampuan” berarti perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk mewujudkan
“kemauan” tersebut, seperti: sumber daya manusia dengan kompetensi dan keahlian
yang dibutuhkan, dukungan finansial yang memadai,
keberadaan
fasilitas teknologi informasi terkait (aplikasi, database, komputer, internet,
dan infrastruktur), dan kerjasama kondusif dengan berbagai mitra bisnis
(vendor, pemasok, lembaga keuangan, dan lain sebagainya). Sebagian besar dari
sumber daya tersebut merupakan komponen utama dari sebuah konsep e-Business,
yaitu: proses bisnis yang akan men-drive aplikasi, data/informasi yang akan
men-drive database, teknologi yang akan men-drive perangkat keras dan
infrastruktur, dan stakeholders (mereka yang berkepentingan) yang akan
men-drive sumber daya manusia (user dan pengembang sistem e-Business), dan
sistem governance (seperti kebijakan, prosedur, job description, dan
lain-lain).
Pada prinsipnya, seluruh perusahaan – tanpa perduli
ukuran dan jenisnya – dapat menerapkan konsep e-Business. Hal ini disebabkan
karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti
membutuhkan sumber daya informasi. Karena berbagai fungsi dan proses bisnis
membutuhkan data/informasi, maka bagaimana informasi tersebut diciptakan dan
didistribusikan merupakan hal yang krusial untuk dikelola perusahaan. Salah
satu fitur dari konsep e-Business adalah menawarkan caracara penciptaan,
penyimpanan, pengolahan, dan pendistribusian informasi yang efisien dan efektif
di dalam sebuah perusahaan maupun antara perusahaan dengan stakeholdernya
(supplier, customer, mitra bisnis, vendor, dan pihak lain yang berkepentingan).
Contohnya adalah sebuah perusahaan skala kecil di Legian (Bali) yang memanfaatkan
teknologi internet untuk menjual (mengekspor) ribuan layangan ke Australia pada
saat musim panas, atau perusahaan skala menengah di Jepara yang berhasil
menggunakan situs untuk mempromosikan dan melakukan transaksi jual beli furniture
ke negara-negara Eropa.
“Marketspace”
adalah arena di dunia maya (internet), tempat bertemunya calon penjual dan
calon pembeli secara bebas seperti layaknya pasar di dunia nyata (marketplace).
Contohnya di Indonesia adalah bertemunya calon pembeli dan calon penjual saham
di bursa virtual (misalnya melalui aplikasi remote trading) sehingga yang bersangkutan
tidak perlu harus bertemu dan bertatap muka di lantai bursa, atau bertemunya
calon pembeli dan calon penjual berbagai barang dengan menggunakan metode
lelang (auction) di internet. Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya
merupakan pengejawantahan dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam
arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan
berbagai
inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.
Jika penggunaan database dan homepage tersebut
mengarah pada usaha-usaha agar terjadi inisiatif pertukaran barang atau jasa
secara langsung maupun tidak langsung, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan
tersebut berada dalam tahap awal pengembangan e-Business. Beberapa pakar
e-Business menyebut fenomena dipergunakannya homepage dan database statis pada
tahap awal pengembangan awal e- Business ini dengan istilah “brochureware”.
Sementara sejumlah praktisi manajemen menganggap bahwa sebuah perusahaan telah
benar-benar menerapkan konsep e-Business jika sebagian besar proses bisnis dan
sumber daya informasinya telah secara signifikan (dan mayoritas) dikelola
dengan menggunakan beragam teknologi informasi (terutama internet).
B. Kelebihan
dan Kekurangan Bisnis Online
Bisnis online bukanlah bisnis yang instant,
bisnis online sama halnya dengan bisnis offline. Yang harus anda urus, dan anda
rawat dengan baik. Didalam bisnis offline, ujung tombak perusahaan adalah para
sales/marketing. Sama halnya dengan bisnis online, ujung tombak sebuah bisnis
online adalah internet marketing
yaitu cara pemasaran produk anda lewat jasa internet.
Bisnis Online memiliki beberapa keuntungan dibanding bisnis offline, dengan memanfaatkan internet marketing ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh :
Bisnis Online memiliki beberapa keuntungan dibanding bisnis offline, dengan memanfaatkan internet marketing ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh :
- Bebas macet
Bagi masyarakat
yang tinggal di kota-kota besar,kemacetan adalah hal yang sangat menakutkan.
Kita akan merasa terganggu jika harus berpergian dalam keadaan macet. Bisnis
internet adalah bisnis bebas macet, dimana semua penjualan ,dapat dilakukan
dimana saja,kapan saja asalkan ada koneksi internet.
- Modal cenderung minim
Bagi yang
pernah membuka usaha offline,atau yang memiliki usahaoffline saat ini,mungkin
anda pernah merasakan besarnya biaya operasional yang dikeluarkan,bisnis
internet memiliki modal yang jauh lebih sedikit,kita hanya perlu domain,hosting
atau jasa pembuatan web.bahkan semua itu bisa didapat dengan geratis.
- Waktu lebih flexible.
Bekerja
sepanjang hari,dari pagi sampai pagi dengan penghasilan yang pas – pasan, dan
sangat melelahkan.bahkan jarang bertemu dengan keluarga, sehingga keluarga
menjadi berantakan. Bisnis internet dapat anda lakukan di mana saja. Dengan
demikian tentunya waktu anda bersama keluarga akan lebih banyak.
Kekurangan Bisnis Online :
1.
Membutuhkan
waktu yg lama untuk sukses.
Hal
ini dikarenakan bahwa pelanggan bisnis online itu sulit mendapatkan kepercayaan
maka dari itu akan berdampak kepada
bisnis yang kurang lancar.
2.
Banyak
terjadi penipuan.
Bisnis
online ini juga biasanya menjadi modus untuk penipuan. Barang yang abstrak akan
memudahkan penipu untuk menipu seseorang.
3.
Belum
ada UU mengatur internet marketing.
Karena
belum ada UU yang mengatur internet marketing maka para pembisnis membeludak
dan tidak beraturan untuk berbisnis yang membuat setidaknya ada sedikit
kerugian yang di dapatkan oleh pembisnis online.
4.
Hanya
menjangkau kota yg bisa menggunakan internet.
Ini
juga adalah salah satu aspek mengapa bisnis online akan lama untuk sukses dan
pemasaranpun tidak akan menyeluruh.
5.
Sulitnya membangun kepercayaan dengan
customer.
Mosi todak percayapun menjadi
kendala untuk membuka bisnis online. Barang yang abstak pula menjadi masalah
dalam bisnis online ini.
- Revolusi E-Bisnis di Indonesia
Tahukah Anda, bahwa kebanyakan orang Indonesia menggunakan
Internet hanya sebagai 'user' (pengguna)? Dan 'user' itu identik dengan
'customer'. User biasanya menggunakan Internet hanya sebatas untuk mengirimkan
email; browsing untuk mencari informasi; chatting untuk ngobrol sana-sini dengan
teman; berdiskusi melalui forum, milis, dll. Juga men-download musik,
video, software, games, eBook untuk kepentingan pribadi atau sekedar
hiburan. Namun menurut AsianBrain IMC, terdapat 2 fakta menarik yang
harus diketahui, yaitu:
- Bisnis online (eCommerce) saat ini masih dikuasai oleh negara-negara maju. Sementara negara-negara berkembang seperti Indonesia dijadikan salah satu target market atau pangsa pasar mereka
- Sebuah bangsa akan lebih maju, jika masyarakatnya sadar bahwa internet sebenarnya bisa dijadikan sebagai 'alat' untuk mengembangkan bisnis mereka ke seluruh dunia
Seorang
pemasar online akan menggunakan teknologi internet untuk mengembangkan
bisnisnya ke penjuru dunia. Kita bisa lihat bagaimana mereka menggunakan email
untuk promosi melalui newsletter-nya, browsing untuk melakukan riset pasar,
meng-upload info produk mereka untuk dijual, dan menyediakan forum untuk
pelanggannya. Secara sederhana, bisa digambarkan dalam skema di bawah ini:
Bisnis online sendiri sebenarnya sudah marak di
Indonesia sejak tahun-tahun sebelumnya. Banyak orang Indonesia mengenalnya
dengan istilah eCommerce, internet marketing, atau online marketing.
Bagi Anda yang tidak memiliki produk, Anda bisa menjalankan bisnis online
dengan mengikuti program affiliate (contoh: E-Gold, Paypal, Linkshare,
Amazon
dll), yaitu membantu memasarkan produk
orang lain untuk mendapatkan komisi.
Bagi pemilik industri kecil, Anda bisa membangun
program affiliate dan mengundang pemasar online di seluruh dunia
untuk turut serta mempromosikan produk Anda ke seluruh dunia! Bayangkan, jika
banyak orang Indonesia memahami secara benar dan baik bagaimana cara
mempromosikan produk dalam atau luar negeri melalui internet (misalnya:
kerjasama dengan Yahoo Search Marketing atau Google Adsense),
Jika ada ribuan, atau bahkan jutaan orang
Indonesia yang mampu berpenghasilan ribuan US dollar per bulan dari bisnis
online-nya! Bukankah itu suatu business engineering revolusioner? Bukankah
itu sebuah REVOLUSI? Jika kita semua mulai belajar, saling bahu-membahu dan bergandengan
tangan, revolusi itu sangat mungkin terjadi!
Bisnis yang Menerapkan Sistem Online di Indonesia
1.
Glodok Shop
Jalur Pemesanan
Anda bisa memesan melalui dua cara :
Anda bisa memesan melalui dua cara :
Online
Shopping
|
Telephone
|
Cara
ini interaksi pemesanan dilakukan sepenuhnya melalui internet. Anda
diharuskan memiliki email dan menjadi anggota Klub GS.
|
Pemesanan
melalui telephone kami sarankan hanya untuk Anda yang berdomisili di Jakarta
dan sekitarnya yg tidak memiliki akses internet.
|
Langkah
Pemesanan
Online
Shopping
|
Telephone
|
Langkah 1 - PILIH PRODUK
|
Langkah 1 - PILIH PRODUK
|
Pilih
produk yang hendak dipesan. Cari kategori produk pada direktori yang ada,
kemudian pilih salah satu produk yang sesuai dengan keinginan. Klik 'detail' untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.
|
Tanyakan
produk yang hendak dibeli ke Sales Hotline kami di (021) 5695-9333. Petugas
akan menjelaskan detail produk dan harga terbaru.
|
Langkah 2 - PEMESANAN
|
Langkah 2 - PEMESANAN
|
Untuk
memesan, silahkan tekan tombol beli. Anda bisa memesan beberapa barang sekaligus.
Untuk melakukan pemesan online harus terdaftar sebagai anggota Klub GS terlebih dahulu. |
Jika
barang yang dicari telah tersedia, maka untuk memesannya tinggal meninggalkan
nama dan alamat jelas serta waktu pengiriman yang dikehendaki.
|
Langkah 3 - METODE PEMBAYARAN
|
Langkah 3 - METODE PEMBAYARAN
|
Pilih
metode pembayaran yang diinginkan.
Untuk kartu kredit akan dilakukan secara online. |
Pilih
metode pembayaran yang diinginkan.
Untuk kartu kredit akan dilakukan secara manual atau melalui telephone. |
Langkah 4 - KONFIRMASI
|
Langkah 4 - PENGIRIMAN
|
Anda
akan mendapatkan konfirmasi pemesanan. Lakukan konfirmasi dimana Anda menyetujui
pemesanan tersebut.
|
Setelah
pembayaran dianggap lunas maka barang akan kami kirimkan sesuai dengan data
pemesanan.
|
Langkah 5 - PENGIRIMAN
|
|
Setelah
pembayaran dianggap lunas maka barang akan kami kirimkan sesuai dengan data
pemesanan. Untuk mengetahui status pemesanan bisa menggunakan menu Order
Tracking.
|
Pembelian
Langsung
GlodokShop.com hingga saat ini
hanya berkosentrasi kepada transaksi online dan tidak menyediakan showroom
atau cabang. Tetapi bagi mereka yang belum terbiasa dengan cara bertransaksi
online kami bisa membantu dengan belanja langsung dengan mendatangi kantor
kami. Adapun ketentuan untuk berbelanja langsung di kantor kami:
|
2.
Female Shop
Setelah melalui perencanan yang cukup panjang, untuk
memenuhi permintaan pelanggan akhirnya telah kami buka grosir.store.co.id .
Grosir.store adalah toko baju online yang melayani pembelian grosir secara
online, dengan minimal pembelian 6pcs/model. Diharapkan dengan dibukanya
grosir.store.co.id dapat memudahkan para reseller yang berminat dengan koleksi
di female.store.co.id untuk melakukan pembelian. Untuk saat ini memang belum
banyak koleksi yang dimiliki grosir.store.co.id. Ke depannya akan kami usahakan
untuk melengkapi koleksi di grosir.store.co.id. .
- Butik Onlineku.com
CARA ORDER Produk Pre Order :
1. Bagi yang punya alamat email
bisa masuk ke website, dan lakukan REGISTER, disana akan ditanyakan data diri
sista, setelah itu bisa lihat-lihat produk butikonlineku.com, lakukan pembelanjaan
dengan klik "tambahkan ke troli" di samping masing-masing gambar
produk yang akan order.
2. Bila anda tidak ingin
melakukan register terlebih dahulu , Anda hanya cukup mengirimkan
message ke email : sales@butikonlineku.com , Kirim message ke FB Fan kami, atau SMS ke 031-71363786,tuliskan: kode / size / Qty / Nama Lengkap / Alamat lengkap / alamat FB atau Email.
message ke email : sales@butikonlineku.com , Kirim message ke FB Fan kami, atau SMS ke 031-71363786,tuliskan: kode / size / Qty / Nama Lengkap / Alamat lengkap / alamat FB atau Email.
3. Kami akan mengirimkan
informasi ttg kode order sis dan ongkos kirimnya, serta no. rekening bank kami
untuk transfer. contoh:
Nama: Lina
Alamat: Jl Sudirman Bandung
kode order: 81
harga baju yang
diorder
rp. 100.000
50% nya
adalah rp 50.000
ongkos kirim (Malang - Bandung)
rp 11.000
Jadi, yang di
transfer rp 61.000
diatas tertulis kode order sista
adalah "81", maka yang anda transfer = rp. 61.081, dua digit dibelakang
adalah sesuai dgn kode order anda, ini untuk keperluan kami mempermudah mencek
transaksi yang masuk ke rekening kami.
4. Sedangkan pelunasan
dilakukan setelah menerima sms dari kami apabila barang sudah ready di
Indonesia, jadi anda bisa nabung terlebih dahulu dan kami akan menginformasikan
lewat sms, fb dan call.
5. Setelah prosedur ke 4
dilakukan, kami akan mengirim barang ketujuan masing-masing.
5. Taskoe.com
Cara belanja di TasKoe.Com sangat mudah dan
cepat.
Infokan pesanan Anda via
SMS/Telp/E-mail. Untuk mempercepat proses pemesanan, mohon dicantumkan juga
nama dan alamat lengkap pengiriman di dalam info pesanan Anda. Berikut ini
adalah alternatif untuk melakukan pemesanannya (pilih salah satu):
- Via E-Mail ke sales [at] taskoe.com
Follow up/tindakan dari TasKoe.com:
- Setelah melakukan pemesanan, mohon tunggu sms/e-mail balasan dari TasKoe.com, untuk mendapatkan info persediaan barang, rincian pesanan, ongkos kirim yang dikenakan, dan petunjuk mengenai cara pembayaran.
- Konfirmasikan pembayaran Anda ke TasKoe.com via SMS/Telp, agar pesanan Anda bisa segera diproses.
- Pesanan akan dikirim di hari yang sama atau keesokan harinya (dalam hari kerja), melalui ekspedisi yang telah disepakati bersama. TasKoe.com akan mengirimkan SMS/E-mail untuk menginformasikan nomor resi pengiriman paket Anda.
Ketentuan:
- Hari Kerja: Setiap hari Senin – Sabtu, pukul 08.00 – 14.30 WIB (kecuali Sabtu, pukul 08.00 – 13.30 WIB).
- Harga produk di TasKoe.com belum termasuk ongkos kirim, untuk mengecek ongkos kirim bisa di Website Tiki JNE, atau hubungi TasKoe.com via SMS/Telp untuk kemudahan Anda.
- Proses pengiriman paket dilakukan setiap hari kerja mulai pukul 14.00 WIB, pembayaran/konfirmasi pembayaran yang diterima setelah pukul 13.00 WIB akan diproses ke pengiriman di hari kerja berikutnya.
- Pemesanan yang tidak diteruskan dengan transaksi dan konfirmasi pembayaran sebelum pukul 13.00 WIB di hari yang sama akan dinyatakan batal memesan. Pemesan wajib mengkonfirmasikan ulang pesanannya (dianjurkan untuk konfirmasi via SMS saja) sebelum melakukan transfer di hari kerja berikutnya.
- TasKoe.com tidak menerapkan sistem booking order/stock, maksudnya pemesanan tidak diartikan sebagai booking stock. Setiap order/pemesanan akan diproses setelah ada konfirmasi pembayaran via SMS/Telp.
- Jika sudah booking stock (setelah transfer pembayaran diterima), maka tidak bisa ganti model/batal order. Maksimal booking stock 2×24 jam, harus dilanjutkan dengan pelunasan order/konfirmasi pengiriman.
- Saat ini TasKoe.com baru bisa menerima transfer pembayaran via BCA dan Mandiri.
- Perbedaan antara foto dan produk mungkin saja terjadi akibat efek blitz dari kamera dan/atau resolusi monitor yang berbeda-beda.
BAB III
STUDI KASUS
A. Profil
perusahaan CV. Cibaduyut Online
Kami
adalah Suatu Perusahaan Toko Online yang berada di bilangan cibaduyut Bandung,
kami memfasilitasi anda customer yang menginginkan produk-produk berkualitas
khususnya dari cibaduyut bandung, yaitu sandal, sepatu dan tas. Tetapi tidak
hanya itu kami juga menyediakan berbagai macam produk berkualitas lainnya yang
kami tawarkan, tentunya dengan harga yang terjangkau dan bersaing dipasaran.
Sepatu,
Sandal, Tas kami asli buatan tangan cibaduyut dengan brand yang terkenal dari
Bandung Jawa Barat, diantaranya Primadona, Garsela dll. Daripada anda jauh-jauh
datang ke bandung dengan menggunakan biaya transport ataupun dengan
keterbatasan waktu anda untuk ke Bandung, silahkan anda pesan dengan mudah dan
memanfaatkan teknologi internet dan transfer Bank, Anda tinggal menunggu
dirumah dan barang diterima sesuai pesanan anda.Kami juga melayani anda reseller/agen,
dengan syarat pembelian minimum order dan kami memberikan diskon menarik untuk
anda.
Produk yang anda pesan
akan segera kami kirim setelah anda mentransfer sejumlah harga total dari
pesanan ditambah dengan ongkos kirim. Pengiriman kami percayakan pada beberapa
agen diataranya PT.POS INDONESIA, TIKI, JNE, Pahala Kencana, Dakota, ELTEHA
yang sudah dijamin keamananya, pemilihan agen pengiriman sesuai dengan barang
yang dipesan dan daerah tujuan pengiriman, dengan tujuan lebih aman, lebih
cepat dan lebih murah untuk anda.
B. Katagori
Product
1.
Sandal Pria
a.
Sandal Kasual Pria
b.Sandal Gunung Pria
2.
Sandal Wanita
a. Sandal
Kasual Wanita
3.
Sepatu Pria
a. Sepatu Formal Pria
b. Sepatu Ksual Pria
c. Sepatu Olahraga Pria
·
Sepatu Sepakbola
·
Sepatu Futsal
·
Sepatu Sporty
4.
Sepatu Wanita
a.
Sepatu Feminim Wanita
b.Sepatu Kasual Wanita
C.
Cara Pembelian, Pengiriman dan Pembayan secara online
a. Berikut ini adalah langkah
cara membeli di situs kami:
1. Cari produk yang Anda
inginkan di Product
Category atau Visit the shop.
2. Klik pada link / tombol Add
to Cart, dan bila Anda ingin menambah jumlah barang yang sama klik lagi pada
link / tombol tadi.
3. Bila ingin belanja lagi, klik
pada link Continue Shopping.
4. Informasi mengenai keranjang
belanja online (cart) Anda akan tampak di bagian Shopping Cart
pada bagian kiri atas situs.
5. Setelah Anda selesai
berbelanja, silahkan klik Go to Checkout untuk memproses produk yang
akan Anda beli.
6. Setelah itu periksa kembali
jenis produk, harga dan jumlah barang yang dibeli.
7. Jika Anda sudah memiliki account
di situs kami, Anda harus login terlebih dahulu, caranya isikan user dan
password di bagian Login, kemudian klik tombol Login atau Jika Anda belum
menjadi anggota, maka Anda harus mendaftar (register) terlebih dahulu, caranya
klik link register pada bagian Login, dan isikan data2 Anda,
seperti nama user Anda, email, nama, alamat, dll, setelah itu mohon Anda
men-check ke email Anda tersebut karena password langsung kami kirimkan ke
email tersebut, setelah itu silakan Anda login dengan menggunakan username dan
password Anda.
8. Setelah itu isikan data-data
detail kontak dan pengiriman, pilih I agree to The Terms and Conditions,
dan klik tombol Make Purchase.
9. Anda akan menerima email
informasi tentang pesanan Anda, lalu kami akan mengirimkan informasi pembayaran
(nomor rekening, jumlah yang harus dibayar) lebih detail ke email Anda.
10. Setelah kami menerima
pembayaran dari Anda, kami akan segera memproses pesanan Anda.
b. Biaya Pengiriman
Toko online kami mengenakan
biaya pengiriman untuk pembelian yang dihitung berdasarkan per pembelian, bukan
per produk. Jadi apabila Anda membeli 5 produk sekaligus, biaya pengirimannya
akan dikenakan untuk keseluruhan produk berdasarkan berat dalam kilogram. Untuk
pembelian dalam satu kota, kami menggunakan kurir sendiri dan tidak mengenakan
biaya pengiriman.
c. Cara pembayaran. Anda dapat
mentransfer ke rekening:
Cabang : A.Yani
No. Rek : 4370851757
a/n : Deden Kurniadin
Cabang : Bina Citra
No. Rek :1300005912137
a/n : Deden Kurniadin
setelah mentransfer silahkan
anda konfirmasi lewat sms ke 085624100099 dengan format #nama#jumlahuang#bca/mandiri#tanggalorder
setelah ada konfirmasi tersebut
kami akan mengecek transferan dan akan kami tindak lanjuti dengan pengiriman
secepatnya.
Jasa pengirimannya perusahaan
kami menggunakan Pos Indonesia, TIKI, JNE, Pahala, Elteha dan Dakota Cargo
- Ketentuan Barang yang bisa di Retur
- Retur hanya berlaku untuk barang yang cacat akibat produksi pabrikan (tidak berlaku untuk yang cacat akibat pengiriman, dan sebagainya).
- Retur berlaku untuk klaim yang terhitung 1 hari sejak tanggal terima barang dari ekspedisi, dan wajib dipaketkan kembali maksimal 2 hari sejak tanggal terima barang dari ekspedisi.
- Retur hanya akan diganti dengan barang yang sama persis. Jika barang tersebut sudah SOLD OUT maka diperbolehkan untuk diganti dengan barang lain yang seharga atau lebih.
- Retur tidak berlaku apabila dengan alasan tidak cocok/tidak sesuai selera/tidak seperti yang dibayangkan.
- Retur tidak berlaku apabila barang telah dipakai/rusak karena pemakaian.
- Tidak berlaku retur uang kembali.
- Ongkos kirim retur ke CV. Cibduyut Online ditanggung pembeli, dan ongkos kirim barang ganti ke pembeli ditanggung CV. Cibaduyut Online
E. Rendahnya
Tingkat Pelayanan pada CV. Cibaduyut Online
Seperti yang
sudah di jelaskan di pembahasan sebelumnya bahwa Bisnis online ini banyak
keuntungannya untuk konsumen. Lebih praktis karena kita hanya tinggal duduk di
depan computer lalu mengklik barang apa yang akan kita beli. Barang yang kita
inginkanpun mudah didapat, kita hanya tinggal search barang yang kita inginkan
di google dan kita bisa langsung menemukan berbagai shop online disana. Tidak
menyita uang dan waktu juga karena kita tidak perlu membuang waktu dan uang
untuk pergi langsung menuju toko. Melalui penjualan online ini sejauh apapun
toko barang akan diantarkan sampai rumah anda dan pembayanpun sangat mudah
hanya perlu mentransfer melalui rekening.
Tetapi
sebenarnya pembelian online banyak sekali kendala terutama pada hal pelayanan
yang berdampak negative kepada konsumen. Khususnya pada CV. Cibaduyut Online
ini. Sering kali mendapat komplaine dari konsumen atas ketidakpuasan dalam
pembelian.
1. Sering
eror mengakses web CV. Cibaduyut Online
Ini
disebabkan koneksi internet yang kurang baik atau karena sistem dari CV ini
yang kurang baik. Yang mengakibatkan web tidak terbuka (eror).
2. Saat
konsumen akan registrasi untuk pengorderan barang terkadang sering gagal
Saat konsumen
sudah menentukan barang yang akan iya beli. Saat akan dip roses terkadang
selalu filed atau gagal. Hal ini menyebabkan orderan dari konsumen tersebut
tidak tercatat. Ini membuat konsumen kesal karena kebutuhannya akan barang
tersebut tidak terpenuhi.
3. Tidak
adanya pemberitahuan lebih lanjut (konfirmasi order)
CV. Cibaduyut
Online ini menganut sistem konfirmasi order. Maksudnya apabila konsumen telah
memesan barang melalui online. Konsumen tersebut akan mengetahui barangnya
sudah ditangani oleh kami apabila mendapatkan konfirmasi ulang melalui sms.
Terkadang konsumen mengeluh apabila setelah mereka memesan tidak ada konfirmasi
ulang yang cepat dari CV. Cibaduyut online.
4. Barang
telat sampai kepada tangan konsumen
Hal ini
sering terjadi. Apabila target yang telah di tentukan misalkan satu minggu barang telah diterima ditangan konsumen.
Ternyata setelah satu minggu lebih barang yang dipesan tidak kunjung datang.
Dan itu akan menimbulkan mosi tidak percaya dari konsumen terhadap produsen.
5. Barang
tidak sesuai dengan pesanan konsumen
Terkadang
ketika barang sudah sampai ditangan konsumen. Konsumen tisak merasa puas.
Barang bisa tidak sesuai dengan keinginan. Entah itu sepatu yang telah dipesan
ukurannya terlalu besar atau ukurannya terlalu sempit, warna yang diinginkan
warna coklat tetapi setelah barang sampai warna yang sepatu tersebut warna
hitam ataupun barang tersebut cacat.
6. Kurang
tanggap terhadap barang retur
Barang retur
akan lebih lama sampai kepada konsumen ketimbang barang yang sudah dipesan.
Dikarenakan barang retur akan melalui proses yang lebih panjang dibandingkan
barang orderan.
Dengan
pelayanan yang kurang baik diatas maka pihak CV. Cibaduyut Online harus lebih
bisa tanggap terhadap kebutuhan konsumen. Dari mulai memperbaiki sistem online
yang CV ini terapkan agar tidak selalu gagal ataupun eror. Dengan demikian 3
persolan diatas dapat teratasi. Masukan dari kami adalah barang yang
ditampilkan di web store harus dicantumkan klasifikasi barang dari mulai harga,
warna, bentuk, ukuran yang ada, dan gambar dari sepatu tersebut harus
ditampilkan dari beberapa sisi agar konsumen tidak salah tanggap terhadap
gambar barang yang abstrak. Hal inipun akan mengurangi pereturan barang dan
akan menghilangkan mosi tidak percaya dari konsumen. Anggaplah bahwa konsumen
adalah raja dan ratu yang harus dilayani dengan baik.
BAB IV
KESIMPULAN
Pada prinsipnya, e-Business kerap didefinisikan
sebagai “aktivitas yang berkaitansecara langsung maupun tidak langsung dengan
proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai
medium komunikasi dan transaksi”.
Seorang pemasar online
akan menggunakan teknologi internet untuk mengembangkan bisnisnya ke penjuru
dunia. Kita bisa lihat bagaimana mereka menggunakan email untuk promosi melalui
newsletter-nya, browsing untuk melakukan riset pasar, meng-upload info
produk mereka untuk dijual, dan menyediakan forum untuk pelanggannya.
Bisnis online
ini diterapkan dalam CV.Cibaduyut online. Permasalahan yang di bahas di atas
dapat diambil solusinya yaitu dengan pelayanan yang kurang baik diatas maka
pihak CV. Cibaduyut Online harus lebih bisa tanggap terhadap kebutuhan
konsumen. Dari mulai memperbaiki sistem online yang CV ini terapkan agar tidak
selalu gagal ataupun eror. Dengan demikian 3 persolan diatas dapat teratasi.
Masukan dari kami adalah barang yang ditampilkan di web store harus dicantumkan
klasifikasi barang dari mulai harga, warna, bentuk, ukuran yang ada, dan gambar
dari sepatu tersebut harus ditampilkan dari beberapa sisi agar konsumen tidak
salah tanggap terhadap gambar barang yang abstrak. Hal inipun akan mengurangi
pereturan barang dan akan menghilangkan mosi tidak percaya dari konsumen.
Anggaplah bahwa konsumen adalah raja dan ratu yang harus dilayani dengan baik.
0 komentar:
Post a Comment