Sunday 28 October 2012

e-bisnis

                                                           
BAB I
                                                               PENDAHULUAN
   A.     Latar Belakang Masalah
Penerapan teknologi Internet dapat memberikan suatu nilai tambah bagi sebuah perusahaan. Ini dapat dilihat dari adanya penawaran informasi secara online, kemudahan melakukan komunikasi dan pertukaran informasi melalui media elektronik, serta transaksi secara online. Hal ini berlaku juga bagi perusahaan perbankan.
Teknologi Internet dapat menjadi nilai tambah tersendiri, karena membuat komunikasi intra/inter perusahaan perbankan menjadi lebih efisien. Intranet pada perusahaan perbankan digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian tertentu yang ada di dalam perusahaan perbankan tersebut.
Karyawan dapat menyalurkan dan mengkomunikasikan ide-ide mereka dengan lebih jelas dan mendorong mereka untuk lebih terlibat dalam proses pengambil keputusan. Dengan kata lain, komunikasi yang efektif itu dibutuhkan saat membangun dan menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen, yang dalam hal ini adalah nasabah. Oleh karena itu, perusahaan perbankan juga menawarkan aftersales service, salah satu contohnya adalah dengan melalui website mereka.
Perusahaan perbankan memakai jaringan ekstranet untuk menghubungkan mereka dengan pihak lain, baik dengan sesame karyawan perusahaan perbankan tersebut yang berada di kantor cabang yang berbeda, maupun dengan pihak perusahaan lain, sebagai contoh untuk membayar tagihan listrik dan air secaralangsung pada perusahaan listrik dan air tersebut.


  1. Identifikasi Masalah
Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegaiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan.
Online adalah Terhubung, terkoneksi. Aktif dan siap untuk operasi; dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Online ini juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan di mana sebuah device (komputer) terhubung dengan device lain, biasanya melalu modem.
  1. Pembatasan Masalah
Berikut adalah batasan-batasan dalam pengerjaan makalah pengantar bisnis :
1.  Perusahaan yang digunakan pada penelitian ini adalah CV.Cibaduyut Online.
2. Penerapan teknologi internet yang digunakan pada makalah pengantar bisnis ini adalah  teknologi Internet yang berhubungan dengan e-Bisnis.

D. Rumusan Masalah                                     
Permasalahan yang diangkat pada makalah pengantar bisnis ini adalah :
  1. Apa yang dimaksud dengan e-Bisnis ?
  2. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis online ?
  3. Bagaimana revolusi e-Bisnis di Indonesia ?
4.      Contoh bisnis yang menerapkan sistem online di Indonesia

E.Tujuan Penelitian
Dari uraian rumusan masalah di atas tujuan pembuatan tugas akhir ini dapat dirangkum sebagai berikut:
1. Mengetahui apakah penerapan teknologi Internet berpengaruh pada dunia bisnis.
2. Mengetahui sejauh mana penggunaan bisnis online di Indonesia.
3. Mengetahui sejauhmana keuntungan bisnis online dibandingkan dengan bisnis offline.

 BAB II
                                                                 PEMBAHASAN
A.    Pengertian E-Bisnis
Pada prinsipnya, e-Business kerap didefinisikan sebagai “aktivitas yang berkaitan
secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa
dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi”.
Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi (teknologi informasi) yang sangat pesat dewasa ini telah mengakibatkan terjadinya revolusi di dunia perdagangan dan industri. Jika dahulu transaksi bisnis yang harus dilakukan secara tatap muka (face-toface), melibatkan sejumlah fasilitas dan sumber daya fisik (office and paper), dan mempertukarkan barang dan jasa terkait dengan uang kertas atau receh; maka pada saat ini transaksi serupa dapat dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja secara fleksibel (tanpa harus bertemu muka), dilakukan dengan menggunakan peralatan elektronik (komputer, personal digital assistant, dsb.) dan internet, dimana proses pembayaran dilakukan melalui mekanisme transfer informasi keuangan (credit card, digital money,dsb.).
Para praktisi bisnis harus melihat fenomena ini sebagai suatu tawaran kesempatan untuk dapat meningkatkan kinerja bisnis dari berbagai segi secara signifikan, karena
banyak sekali hal yang dapat dilakukan seperti: memperbaiki efisiensi, efektivitas, transformasi industri, dan lain sebagainya. Intinya adalah, jika praktisi bisnis melihat adanya sumber daya fisik atau proses bisnis yang saat ini dapat didigitaliasikan, maka disitulah kesempatan konsep e-Business dapat diimplementasikan. Syarat utama yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan yang ingin mengimplementasikan konsep e-Bussiness adalah bahwa manajemen perusahaan benar benar memahami filosofi dasar dari konsep e-Business (bukan sekedar ikut-ikutan atau
latah belaka). Setelah itu, barulah dua hal penting yang harus dimiliki, masing-masing adalah: kemauan dan kemampuan. “Kemauan” artinya adanya keinginan, inisiatif, komitmen, dan dukungan dari segenap pimpinan dan manajemen perusahaan untuk mengimplementasikan konsep e-Business di institusi yang dikelolanya. Mengapa aspek “kemauan” tersebut diperlukan karena sering kali inisiatif penerapan prinsip e-Business memerlukan paradigma dan pandangan baru terhadap bagaimana cara-cara mengelola bisnis (misalnya: prosedur kerja berbasis proses yang sifatnya lintas fungsi) dari segenap sumber daya manusia perusahaan. Bahkan tidak jarang ditemukan proyek penerapan eBusiness yang dilakukan secara simultan dengan program manajemen perubahan (change management). “Kemampuan” berarti perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk mewujudkan “kemauan” tersebut, seperti: sumber daya manusia dengan kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan, dukungan finansial yang memadai,
keberadaan fasilitas teknologi informasi terkait (aplikasi, database, komputer, internet, dan infrastruktur), dan kerjasama kondusif dengan berbagai mitra bisnis (vendor, pemasok, lembaga keuangan, dan lain sebagainya). Sebagian besar dari sumber daya tersebut merupakan komponen utama dari sebuah konsep e-Business, yaitu: proses bisnis yang akan men-drive aplikasi, data/informasi yang akan men-drive database, teknologi yang akan men-drive perangkat keras dan infrastruktur, dan stakeholders (mereka yang berkepentingan) yang akan men-drive sumber daya manusia (user dan pengembang sistem e-Business), dan sistem governance (seperti kebijakan, prosedur, job description, dan lain-lain).
Pada prinsipnya, seluruh perusahaan – tanpa perduli ukuran dan jenisnya – dapat menerapkan konsep e-Business. Hal ini disebabkan karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi. Karena berbagai fungsi dan proses bisnis membutuhkan data/informasi, maka bagaimana informasi tersebut diciptakan dan didistribusikan merupakan hal yang krusial untuk dikelola perusahaan. Salah satu fitur dari konsep e-Business adalah menawarkan caracara penciptaan, penyimpanan, pengolahan, dan pendistribusian informasi yang efisien dan efektif di dalam sebuah perusahaan maupun antara perusahaan dengan stakeholdernya (supplier, customer, mitra bisnis, vendor, dan pihak lain yang berkepentingan). Contohnya adalah sebuah perusahaan skala kecil di Legian (Bali) yang memanfaatkan teknologi internet untuk menjual (mengekspor) ribuan layangan ke Australia pada saat musim panas, atau perusahaan skala menengah di Jepara yang berhasil menggunakan situs untuk mempromosikan dan melakukan transaksi jual beli furniture ke negara-negara Eropa.
“Marketspace” adalah arena di dunia maya (internet), tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya pasar di dunia nyata (marketplace). Contohnya di Indonesia adalah bertemunya calon pembeli dan calon penjual saham di bursa virtual (misalnya melalui aplikasi remote trading) sehingga yang bersangkutan tidak perlu harus bertemu dan bertatap muka di lantai bursa, atau bertemunya calon pembeli dan calon penjual berbagai barang dengan menggunakan metode lelang (auction) di internet. Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan pengejawantahan dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan
berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.
Jika penggunaan database dan homepage tersebut mengarah pada usaha-usaha agar terjadi inisiatif pertukaran barang atau jasa secara langsung maupun tidak langsung, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut berada dalam tahap awal pengembangan e-Business. Beberapa pakar e-Business menyebut fenomena dipergunakannya homepage dan database statis pada tahap awal pengembangan awal e- Business ini dengan istilah “brochureware”. Sementara sejumlah praktisi manajemen menganggap bahwa sebuah perusahaan telah benar-benar menerapkan konsep e-Business jika sebagian besar proses bisnis dan sumber daya informasinya telah secara signifikan (dan mayoritas) dikelola dengan menggunakan beragam teknologi informasi (terutama internet).

B.     Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online
Bisnis online bukanlah bisnis yang instant, bisnis online sama halnya dengan bisnis offline. Yang harus anda urus, dan anda rawat dengan baik. Didalam bisnis offline, ujung tombak perusahaan adalah para sales/marketing. Sama halnya dengan bisnis online, ujung tombak sebuah bisnis online adalah internet marketing yaitu cara pemasaran produk anda lewat jasa internet.
Bisnis Online memiliki beberapa keuntungan dibanding bisnis offline, dengan memanfaatkan internet marketing ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh :
  1. Bebas macet
Bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar,kemacetan adalah hal yang sangat menakutkan. Kita akan merasa terganggu jika harus berpergian dalam keadaan macet. Bisnis internet adalah bisnis bebas macet, dimana semua penjualan ,dapat dilakukan dimana saja,kapan saja asalkan ada koneksi internet.
  1. Modal cenderung minim
Bagi yang pernah membuka usaha offline,atau yang memiliki usahaoffline saat ini,mungkin anda pernah merasakan besarnya biaya operasional yang dikeluarkan,bisnis internet memiliki modal yang jauh lebih sedikit,kita hanya perlu domain,hosting atau jasa pembuatan web.bahkan semua itu bisa didapat dengan geratis.
  1. Waktu lebih flexible.
Bekerja sepanjang hari,dari pagi sampai pagi dengan penghasilan yang pas – pasan, dan sangat melelahkan.bahkan jarang bertemu dengan keluarga, sehingga keluarga menjadi berantakan. Bisnis internet dapat anda lakukan di mana saja. Dengan demikian tentunya waktu anda bersama keluarga akan lebih banyak.
Kekurangan Bisnis Online      :
1.          Membutuhkan waktu yg lama untuk sukses.
Hal ini dikarenakan bahwa pelanggan bisnis online itu sulit mendapatkan kepercayaan maka dari itu  akan berdampak kepada bisnis yang kurang lancar.
2.          Banyak terjadi penipuan.
Bisnis online ini juga biasanya menjadi modus untuk penipuan. Barang yang abstrak akan memudahkan penipu untuk menipu seseorang.
3.          Belum ada UU mengatur internet marketing.
Karena belum ada UU yang mengatur internet marketing maka para pembisnis membeludak dan tidak beraturan untuk berbisnis yang membuat setidaknya ada sedikit kerugian yang di dapatkan oleh pembisnis online.
4.          Hanya menjangkau kota yg bisa menggunakan internet.
Ini juga adalah salah satu aspek mengapa bisnis online akan lama untuk sukses dan pemasaranpun tidak akan menyeluruh.
5.          Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer.
Mosi todak percayapun menjadi kendala untuk membuka bisnis online. Barang yang abstak pula menjadi masalah dalam bisnis online ini.

  1. Revolusi E-Bisnis di Indonesia
Tahukah Anda, bahwa kebanyakan orang Indonesia menggunakan Internet hanya sebagai 'user' (pengguna)? Dan 'user' itu identik dengan 'customer'. User biasanya menggunakan Internet hanya sebatas untuk mengirimkan email; browsing untuk mencari informasi; chatting untuk ngobrol sana-sini dengan teman; berdiskusi melalui forum, milis, dll. Juga men-download musik, video, software, games, eBook untuk kepentingan pribadi atau sekedar hiburan. Namun menurut AsianBrain IMC, terdapat 2 fakta menarik yang harus diketahui, yaitu:

  1. Bisnis online (eCommerce) saat ini masih dikuasai oleh negara-negara maju. Sementara negara-negara berkembang seperti Indonesia dijadikan salah satu target market atau pangsa pasar mereka
  2. Sebuah bangsa akan lebih maju, jika masyarakatnya sadar bahwa internet sebenarnya bisa dijadikan sebagai 'alat' untuk mengembangkan bisnis mereka ke seluruh dunia

Seorang pemasar online akan menggunakan teknologi internet untuk mengembangkan bisnisnya ke penjuru dunia. Kita bisa lihat bagaimana mereka menggunakan email untuk promosi melalui newsletter-nya, browsing untuk melakukan riset pasar, meng-upload info produk mereka untuk dijual, dan menyediakan forum untuk pelanggannya. Secara sederhana, bisa digambarkan dalam skema di bawah ini:



Bisnis online sendiri sebenarnya sudah marak di Indonesia sejak tahun-tahun sebelumnya. Banyak orang Indonesia mengenalnya dengan istilah eCommerce, internet marketing, atau online marketing. Bagi Anda yang tidak memiliki produk, Anda bisa menjalankan bisnis online dengan mengikuti program affiliate (contoh: E-Gold, Paypal, Linkshare, Amazon dll), yaitu membantu memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan komisi.


Bagi pemilik industri kecil, Anda bisa membangun program affiliate dan mengundang pemasar online di seluruh dunia untuk turut serta mempromosikan produk Anda ke seluruh dunia! Bayangkan, jika banyak orang Indonesia memahami secara benar dan baik bagaimana cara mempromosikan produk dalam atau luar negeri melalui internet (misalnya: kerjasama dengan Yahoo Search Marketing atau Google Adsense),



Jika ada ribuan, atau bahkan jutaan orang Indonesia yang mampu berpenghasilan ribuan US dollar per bulan dari bisnis online-nya! Bukankah itu suatu business engineering revolusioner? Bukankah itu sebuah REVOLUSI? Jika kita semua mulai belajar, saling bahu-membahu dan bergandengan tangan, revolusi itu sangat mungkin terjadi!


    Bisnis yang Menerapkan Sistem Online di Indonesia
1.      Glodok Shop
Jalur Pemesanan

Anda bisa memesan melalui dua cara :

Online Shopping
Telephone
Cara ini interaksi pemesanan dilakukan sepenuhnya melalui internet. Anda diharuskan memiliki email dan menjadi anggota Klub GS.
Pemesanan melalui telephone kami sarankan hanya untuk Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya yg tidak memiliki akses internet.
  Langkah Pemesanan
Online Shopping
Telephone
Langkah 1 - PILIH PRODUK
Langkah 1 - PILIH PRODUK
Pilih produk yang hendak dipesan. Cari kategori produk pada direktori yang ada, kemudian pilih salah satu produk yang sesuai dengan keinginan. Klik 'detail' untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.
Tanyakan produk yang hendak dibeli ke Sales Hotline kami di (021) 5695-9333. Petugas akan menjelaskan detail produk dan harga terbaru.
Langkah 2 - PEMESANAN
Langkah 2 - PEMESANAN
Untuk memesan, silahkan tekan tombol beli. Anda bisa memesan beberapa barang sekaligus.
Untuk melakukan pemesan online harus terdaftar sebagai anggota Klub GS terlebih dahulu.
Jika barang yang dicari telah tersedia, maka untuk memesannya tinggal meninggalkan nama dan alamat jelas serta waktu pengiriman yang dikehendaki.
Langkah 3 - METODE PEMBAYARAN
Langkah 3 - METODE PEMBAYARAN
Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
Untuk kartu kredit akan dilakukan secara online.
Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
Untuk kartu kredit akan dilakukan secara manual atau melalui telephone.
Langkah 4 - KONFIRMASI
Langkah 4 - PENGIRIMAN
Anda akan mendapatkan konfirmasi pemesanan. Lakukan konfirmasi dimana Anda menyetujui pemesanan tersebut.
Setelah pembayaran dianggap lunas maka barang akan kami kirimkan sesuai dengan data pemesanan.
Langkah 5 - PENGIRIMAN

Setelah pembayaran dianggap lunas maka barang akan kami kirimkan sesuai dengan data pemesanan. Untuk mengetahui status pemesanan bisa menggunakan menu Order Tracking.

  Pembelian Langsung
GlodokShop.com hingga saat ini hanya berkosentrasi kepada transaksi online dan tidak menyediakan showroom atau cabang. Tetapi bagi mereka yang belum terbiasa dengan cara bertransaksi online kami bisa membantu dengan belanja langsung dengan mendatangi kantor kami. Adapun ketentuan untuk berbelanja langsung di kantor kami:
  1. GlodokShop tidak menyediakan produk demo atau display, semuanya adalah produk baru yang masih dalam kardus dan hanya bisa dibuka setelah dibayar.
  2. Pembayaran yang diterima ialah Cash dan Kartu Kredit yang mengacu pada syarat yang berlaku.
  3. Lokasi kantor GlodokShop berlainan dengan gudang penyimpanan.
  4. Barang bisa keluar dari gudang setelah dilakukan transaksi dimana telah dibayar lunas atau membayar uang muka.
  5. Barang yang telah dibayar lunas atau uang muka sebelum jam 11.00 WIB bisa diambil siang atau sore harinya atau dikirimkan kealamat yang dikehendaki. Sedangkan pembayaran yg dilakukan setelah jam 11.00WIB akan tersedia/dikirimkan hari kerja berikutnya.

2.      Female Shop
Setelah melalui perencanan yang cukup panjang, untuk memenuhi permintaan pelanggan akhirnya telah kami buka grosir.store.co.id . Grosir.store adalah toko baju online yang melayani pembelian grosir secara online, dengan minimal pembelian 6pcs/model. Diharapkan dengan dibukanya grosir.store.co.id dapat memudahkan para reseller yang berminat dengan koleksi di female.store.co.id untuk melakukan pembelian. Untuk saat ini memang belum banyak koleksi yang dimiliki grosir.store.co.id. Ke depannya akan kami usahakan untuk melengkapi koleksi di grosir.store.co.id. .
  1. Butik Onlineku.com
CARA ORDER Produk Pre Order   
1. Bagi yang punya alamat email bisa masuk ke website, dan lakukan REGISTER, disana akan ditanyakan data diri sista, setelah itu bisa lihat-lihat produk butikonlineku.com, lakukan pembelanjaan dengan klik "tambahkan ke troli" di samping masing-masing gambar produk yang akan order.
2. Bila anda tidak ingin melakukan register terlebih dahulu , Anda hanya cukup mengirimkan
message ke email : sales@butikonlineku.com , Kirim message ke FB Fan kami, atau SMS ke 031-71363786,tuliskan: kode / size / Qty / Nama Lengkap / Alamat lengkap / alamat FB atau Email.
3.  Kami akan mengirimkan informasi ttg kode order sis dan ongkos kirimnya, serta no. rekening bank kami untuk transfer. contoh:
 Nama: Lina
Alamat: Jl Sudirman Bandung
kode order: 81
harga baju yang diorder                      rp. 100.000
50% nya adalah                                     rp 50.000
ongkos kirim (Malang - Bandung)       rp 11.000
Jadi, yang di transfer                            rp 61.000
diatas tertulis kode order sista adalah "81", maka yang anda transfer = rp. 61.081, dua digit dibelakang adalah sesuai dgn kode order anda, ini untuk keperluan kami mempermudah mencek transaksi yang masuk ke rekening kami.
 4. Sedangkan pelunasan dilakukan setelah menerima sms dari kami apabila barang sudah ready di Indonesia, jadi anda bisa nabung terlebih dahulu dan kami akan menginformasikan lewat sms, fb dan call.
5. Setelah prosedur ke 4 dilakukan, kami akan mengirim barang ketujuan masing-masing.
5. Taskoe.com
Cara belanja di TasKoe.Com sangat mudah dan cepat.
Infokan pesanan Anda via SMS/Telp/E-mail. Untuk mempercepat proses pemesanan, mohon dicantumkan juga nama dan alamat lengkap pengiriman di dalam info pesanan Anda. Berikut ini adalah alternatif untuk melakukan pemesanannya (pilih salah satu):
  1. Via E-Mail ke sales [at] taskoe.com
Follow up/tindakan dari TasKoe.com:
  1. Setelah melakukan pemesanan, mohon tunggu sms/e-mail balasan dari TasKoe.com, untuk mendapatkan info persediaan barang, rincian pesanan, ongkos kirim yang dikenakan, dan petunjuk mengenai cara pembayaran.
  2. Konfirmasikan pembayaran Anda ke TasKoe.com via SMS/Telp, agar pesanan Anda bisa segera diproses.
  3. Pesanan akan dikirim di hari yang sama atau keesokan harinya (dalam hari kerja), melalui ekspedisi yang telah disepakati bersama. TasKoe.com akan mengirimkan SMS/E-mail untuk menginformasikan nomor resi pengiriman paket Anda.
Ketentuan:
  1. Hari Kerja: Setiap hari Senin – Sabtu, pukul 08.00 – 14.30 WIB (kecuali Sabtu, pukul 08.00 – 13.30 WIB).
  2. Harga produk di TasKoe.com belum termasuk ongkos kirim, untuk mengecek ongkos kirim bisa di Website Tiki JNE, atau hubungi TasKoe.com via SMS/Telp untuk kemudahan Anda.
  3. Proses pengiriman paket dilakukan setiap hari kerja mulai pukul 14.00 WIB, pembayaran/konfirmasi pembayaran yang diterima setelah pukul 13.00 WIB akan diproses ke pengiriman di hari kerja berikutnya.
  4. Pemesanan yang tidak diteruskan dengan transaksi dan konfirmasi pembayaran sebelum pukul 13.00 WIB di hari yang sama akan dinyatakan batal memesan. Pemesan wajib mengkonfirmasikan ulang pesanannya (dianjurkan untuk konfirmasi via SMS saja) sebelum melakukan transfer di hari kerja berikutnya.
  5. TasKoe.com tidak menerapkan sistem booking order/stock, maksudnya pemesanan tidak diartikan sebagai booking stock. Setiap order/pemesanan akan diproses setelah ada konfirmasi pembayaran via SMS/Telp.
  6. Jika sudah booking stock (setelah transfer pembayaran diterima), maka tidak bisa ganti model/batal order. Maksimal booking stock 2×24 jam, harus dilanjutkan dengan pelunasan order/konfirmasi pengiriman.
  7. Saat ini TasKoe.com baru bisa menerima transfer pembayaran via BCA dan Mandiri.
  8. Perbedaan antara foto dan produk mungkin saja terjadi akibat efek blitz dari kamera dan/atau resolusi monitor yang berbeda-beda.
 BAB III
                                                                  STUDI KASUS
A.    Profil perusahaan CV. Cibaduyut Online
Kami adalah Suatu Perusahaan Toko Online yang berada di bilangan cibaduyut Bandung, kami memfasilitasi anda customer yang menginginkan produk-produk berkualitas khususnya dari cibaduyut bandung, yaitu sandal, sepatu dan tas. Tetapi tidak hanya itu kami juga menyediakan berbagai macam produk berkualitas lainnya yang kami tawarkan, tentunya dengan harga yang terjangkau dan bersaing dipasaran.
Sepatu, Sandal, Tas kami asli buatan tangan cibaduyut dengan brand yang terkenal dari Bandung Jawa Barat, diantaranya Primadona, Garsela dll. Daripada anda jauh-jauh datang ke bandung dengan menggunakan biaya transport ataupun dengan keterbatasan waktu anda untuk ke Bandung, silahkan anda pesan dengan mudah dan memanfaatkan teknologi internet dan transfer Bank, Anda tinggal menunggu dirumah dan barang diterima sesuai pesanan anda.Kami juga melayani anda reseller/agen, dengan syarat pembelian minimum order dan kami memberikan diskon menarik untuk anda.
Produk yang anda pesan akan segera kami kirim setelah anda mentransfer sejumlah harga total dari pesanan ditambah dengan ongkos kirim. Pengiriman kami percayakan pada beberapa agen diataranya PT.POS INDONESIA, TIKI, JNE, Pahala Kencana, Dakota, ELTEHA yang sudah dijamin keamananya, pemilihan agen pengiriman sesuai dengan barang yang dipesan dan daerah tujuan pengiriman, dengan tujuan lebih aman, lebih cepat dan lebih murah untuk anda.

B.     Katagori Product
1.      Sandal Pria
a.                                                 Sandal Kasual Pria
b.Sandal Gunung Pria
2.         Sandal Wanita
a.       Sandal Kasual Wanita
3.         Sepatu Pria
a.    Sepatu Formal Pria
b.   Sepatu Ksual Pria
c.    Sepatu Olahraga Pria
·         Sepatu Sepakbola
·         Sepatu Futsal
·         Sepatu Sporty
4.      Sepatu Wanita
a.                                                 Sepatu Feminim Wanita
b.Sepatu Kasual Wanita

C.     Cara Pembelian, Pengiriman dan Pembayan secara online
a. Berikut ini adalah langkah cara membeli di situs kami:
1. Cari produk yang Anda inginkan di Product Category atau Visit the shop.
2. Klik pada link / tombol Add to Cart, dan bila Anda ingin menambah jumlah barang yang sama klik lagi pada link / tombol tadi.
3. Bila ingin belanja lagi, klik pada link Continue Shopping.
4. Informasi mengenai keranjang belanja online (cart) Anda akan tampak di bagian Shopping Cart pada bagian kiri atas situs.
5. Setelah Anda selesai berbelanja, silahkan klik Go to Checkout untuk memproses produk yang akan Anda beli.
6. Setelah itu periksa kembali jenis produk, harga dan jumlah barang yang dibeli.
7. Jika Anda sudah memiliki account di situs kami, Anda harus login terlebih dahulu, caranya isikan user dan password di bagian Login, kemudian klik tombol Login atau Jika Anda belum menjadi anggota, maka Anda harus mendaftar (register) terlebih dahulu, caranya klik link register pada bagian Login, dan isikan data2 Anda, seperti nama user Anda, email, nama, alamat, dll, setelah itu mohon Anda men-check ke email Anda tersebut karena password langsung kami kirimkan ke email tersebut, setelah itu silakan Anda login dengan menggunakan username dan password Anda.
8. Setelah itu isikan data-data detail kontak dan pengiriman, pilih I agree to The Terms and Conditions, dan klik tombol Make Purchase.
9. Anda akan menerima email informasi tentang pesanan Anda, lalu kami akan mengirimkan informasi pembayaran (nomor rekening, jumlah yang harus dibayar) lebih detail ke email Anda.
10. Setelah kami menerima pembayaran dari Anda, kami akan segera memproses pesanan Anda.
b. Biaya Pengiriman
Toko online kami mengenakan biaya pengiriman untuk pembelian yang dihitung berdasarkan per pembelian, bukan per produk. Jadi apabila Anda membeli 5 produk sekaligus, biaya pengirimannya akan dikenakan untuk keseluruhan produk berdasarkan berat dalam kilogram. Untuk pembelian dalam satu kota, kami menggunakan kurir sendiri dan tidak mengenakan biaya pengiriman.
c. Cara pembayaran. Anda dapat mentransfer ke rekening:
logo bca Cara Bayar
Cabang : A.Yani
No. Rek : 4370851757
a/n : Deden Kurniadin
logo mandiri Cara Bayar
Cabang : Bina Citra
No. Rek :1300005912137
a/n : Deden Kurniadin
setelah mentransfer silahkan anda konfirmasi lewat sms ke 085624100099 dengan format #nama#jumlahuang#bca/mandiri#tanggalorder
setelah ada konfirmasi tersebut kami akan mengecek transferan dan akan kami tindak lanjuti dengan pengiriman secepatnya.
Jasa pengirimannya perusahaan kami menggunakan Pos Indonesia, TIKI, JNE, Pahala, Elteha dan Dakota Cargo
    1. Ketentuan Barang yang bisa di Retur
  1. Retur hanya berlaku untuk barang yang cacat akibat produksi pabrikan (tidak berlaku untuk yang cacat akibat pengiriman, dan sebagainya).
  2. Retur berlaku untuk klaim yang terhitung 1 hari sejak tanggal terima barang dari ekspedisi, dan wajib dipaketkan kembali maksimal 2 hari sejak tanggal terima barang dari ekspedisi.
  3. Retur hanya akan diganti dengan barang yang sama persis. Jika barang tersebut sudah SOLD OUT maka diperbolehkan untuk diganti dengan barang lain yang seharga atau lebih.
  4. Retur tidak berlaku apabila dengan alasan tidak cocok/tidak sesuai selera/tidak seperti yang dibayangkan.
  5. Retur tidak berlaku apabila barang telah dipakai/rusak karena pemakaian.
  6. Tidak berlaku retur uang kembali.
  7. Ongkos kirim retur ke CV. Cibduyut Online ditanggung pembeli, dan ongkos kirim barang ganti ke pembeli ditanggung CV. Cibaduyut Online

E.     Rendahnya Tingkat Pelayanan pada CV. Cibaduyut Online
Seperti yang sudah di jelaskan di pembahasan sebelumnya bahwa Bisnis online ini banyak keuntungannya untuk konsumen. Lebih praktis karena kita hanya tinggal duduk di depan computer lalu mengklik barang apa yang akan kita beli. Barang yang kita inginkanpun mudah didapat, kita hanya tinggal search barang yang kita inginkan di google dan kita bisa langsung menemukan berbagai shop online disana. Tidak menyita uang dan waktu juga karena kita tidak perlu membuang waktu dan uang untuk pergi langsung menuju toko. Melalui penjualan online ini sejauh apapun toko barang akan diantarkan sampai rumah anda dan pembayanpun sangat mudah hanya perlu mentransfer melalui rekening.
            Tetapi sebenarnya pembelian online banyak sekali kendala terutama pada hal pelayanan yang berdampak negative kepada konsumen. Khususnya pada CV. Cibaduyut Online ini. Sering kali mendapat komplaine dari konsumen atas ketidakpuasan dalam pembelian.
1.      Sering eror mengakses web CV. Cibaduyut Online
Ini disebabkan koneksi internet yang kurang baik atau karena sistem dari CV ini yang kurang baik. Yang mengakibatkan web tidak terbuka (eror).
2.      Saat konsumen akan registrasi untuk pengorderan barang terkadang sering gagal
Saat konsumen sudah menentukan barang yang akan iya beli. Saat akan dip roses terkadang selalu filed atau gagal. Hal ini menyebabkan orderan dari konsumen tersebut tidak tercatat. Ini membuat konsumen kesal karena kebutuhannya akan barang tersebut tidak terpenuhi.
3.      Tidak adanya pemberitahuan lebih lanjut (konfirmasi order)
CV. Cibaduyut Online ini menganut sistem konfirmasi order. Maksudnya apabila konsumen telah memesan barang melalui online. Konsumen tersebut akan mengetahui barangnya sudah ditangani oleh kami apabila mendapatkan konfirmasi ulang melalui sms. Terkadang konsumen mengeluh apabila setelah mereka memesan tidak ada konfirmasi ulang yang cepat dari CV. Cibaduyut online.
4.      Barang telat sampai kepada tangan konsumen
Hal ini sering terjadi. Apabila target yang telah di tentukan misalkan satu minggu  barang telah diterima ditangan konsumen. Ternyata setelah satu minggu lebih barang yang dipesan tidak kunjung datang. Dan itu akan menimbulkan mosi tidak percaya dari konsumen terhadap produsen.
5.      Barang tidak sesuai dengan pesanan konsumen
Terkadang ketika barang sudah sampai ditangan konsumen. Konsumen tisak merasa puas. Barang bisa tidak sesuai dengan keinginan. Entah itu sepatu yang telah dipesan ukurannya terlalu besar atau ukurannya terlalu sempit, warna yang diinginkan warna coklat tetapi setelah barang sampai warna yang sepatu tersebut warna hitam ataupun barang tersebut cacat.
6.      Kurang tanggap terhadap barang retur
Barang retur akan lebih lama sampai kepada konsumen ketimbang barang yang sudah dipesan. Dikarenakan barang retur akan melalui proses yang lebih panjang dibandingkan barang orderan.
Dengan pelayanan yang kurang baik diatas maka pihak CV. Cibaduyut Online harus lebih bisa tanggap terhadap kebutuhan konsumen. Dari mulai memperbaiki sistem online yang CV ini terapkan agar tidak selalu gagal ataupun eror. Dengan demikian 3 persolan diatas dapat teratasi. Masukan dari kami adalah barang yang ditampilkan di web store harus dicantumkan klasifikasi barang dari mulai harga, warna, bentuk, ukuran yang ada, dan gambar dari sepatu tersebut harus ditampilkan dari beberapa sisi agar konsumen tidak salah tanggap terhadap gambar barang yang abstrak. Hal inipun akan mengurangi pereturan barang dan akan menghilangkan mosi tidak percaya dari konsumen. Anggaplah bahwa konsumen adalah raja dan ratu yang harus dilayani dengan baik.


           
 BAB IV
                                                                   KESIMPULAN
Pada prinsipnya, e-Business kerap didefinisikan sebagai “aktivitas yang berkaitansecara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi”.
Seorang pemasar online akan menggunakan teknologi internet untuk mengembangkan bisnisnya ke penjuru dunia. Kita bisa lihat bagaimana mereka menggunakan email untuk promosi melalui newsletter-nya, browsing untuk melakukan riset pasar, meng-upload info produk mereka untuk dijual, dan menyediakan forum untuk pelanggannya.
Bisnis online ini diterapkan dalam CV.Cibaduyut online. Permasalahan yang di bahas di atas dapat diambil solusinya yaitu dengan pelayanan yang kurang baik diatas maka pihak CV. Cibaduyut Online harus lebih bisa tanggap terhadap kebutuhan konsumen. Dari mulai memperbaiki sistem online yang CV ini terapkan agar tidak selalu gagal ataupun eror. Dengan demikian 3 persolan diatas dapat teratasi. Masukan dari kami adalah barang yang ditampilkan di web store harus dicantumkan klasifikasi barang dari mulai harga, warna, bentuk, ukuran yang ada, dan gambar dari sepatu tersebut harus ditampilkan dari beberapa sisi agar konsumen tidak salah tanggap terhadap gambar barang yang abstrak. Hal inipun akan mengurangi pereturan barang dan akan menghilangkan mosi tidak percaya dari konsumen. Anggaplah bahwa konsumen adalah raja dan ratu yang harus dilayani dengan baik.

0 komentar:

Post a Comment